Dimensi Branding Destinasi Pariwisata

Branding destinasi pariwisata lebih dari sekadar nama, logo, tagline, atau simbol yang dikenali. Hal ini merupakan jalinan erat antara aspek nyata dan maya yang membentuk identitas unik sebuah destinasi. Prosesnya kompleks, melampaui sekadar slogan dan simbol, serta menyatukan elemen fungsional, emosional, relasional, dan strategis. Semua elemen ini secara kolektif membentuk mindset wisatawan. Hal ini diungkapkan oleh Niken Permata Sari, S.E., M.Sc. yang merupakan dosen Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM) di Kampus Terpadu UWM, Banyuraden, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (13/12/2023).

Branding destinasi pariwisata tidak sekadar mengidentifikasi dan membedakan destinasi dari yang lain, melainkan, ia harus menyampaikan janji pengalaman perjalanan yang berkesan dan unik bagi wisatawan. Oleh karena itu, konsep pengalaman pengunjung perlu diintegrasikan ke dalam proses branding.

Lebih lanjut, Niken menambahkan bahwa untuk menciptakan branding yang sukses, destinasi harus secara holistik memadukan dimensi fungsional, emosional, relasional, dan strategis. Pengalaman pengunjung merupakan benang merah yang menghubungkan semua elemen branding. Setiap aspek destinasi, mulai dari infrastruktur hingga interaksi dengan masyarakat, harus berkontribusi pada pengalaman positif dan berkesan bagi wisatawan.

“Untuk mengintegrasikan pengalaman pengunjung ke dalam branding dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan menciptakan itinerary yang menarik dan berbeda yang menonjolkan keunikan destinasi, dan membagikan kisah menarik tentang budaya, sejarah, dan masyarakat destinasi melalui berbagai platform,” kata Wakil Dekan (WD) II FE UWM ini.

Branding destinasi pariwisata merupakan proses yang berkelanjutan dan dinamis. Destinasi harus terus beradaptasi dengan tren pasar dan kebutuhan wisatawan yang selalu berubah. “Dengan memahami dimensi branding dan mengintegrasikan pengalaman pengunjung, destinasi dapat menciptakan identitas yang kuat dan menarik, serta memastikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan,” tegasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *